Daging sapi merupakan salah satu jenis daging merah yang kaya gizi. Daging sapi jadi primadona di Indonesia karena halal dan banyak diternakkan. Namun proses memasak daging segar cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Akhirnya banyak orang yang beralih ke produk kornet daging sapi olahan.

Produk ini bisa Anda beli dengan mudah. Tapi sudah tahukah Anda apa saja kandungan nutrisi dalam satu kaleng kornet? Apakah nutrisinya sama dengan daging sapi segar? Ternyata kornet masih cukup kaya gizi layaknya daging segar. Makanan olahan ini bisa jadi alternatif Anda untuk memasak cepat di rumah.

 

Kandungan Nutrisi dalam Kornet Daging Sapi

Kornet yang berkualitas pasti terbuat dari 100% daging sapi asli. Kornet Cip misalnya terbuat dari daging sapi kualitas tinggi dan rendah lemak. Karena itulah dalam 100 gram kornet ini terkandung komposisi nutrisi sebagai berikut.

1. Energi Total

Energi atau kalori yang ada pada 100 gram kornet ternyata sebesar 1050 kj. Energi ini berasal dari lemak 70% dan protein 30%. Total energi yang dihasilkan sebesar 13% dari AKG atau sekitar 251 kkal.

2. Kandungan Lemak

Ternyata meskipun menggunakan daging sapi pilihan, tapi kornet banyak mengandung lemak baik. Komposisi lemak dalam 100 gram kornet terdiri dari:

– Lemak tak jenuh ganda sekitar 0,67 gram.

– Lemak tak jenuh tunggal sekitar 9,22 gram.

– lemak jenuh sekitar 6,34 gram.

– Kolesterol sekitar 98 mg.

3. Kandungan Protein

Kornet kaya akan kandungan protein. Bahkan jumlah protein dalam 100 gram kornet sekitar 18,17 mg. Jika Anda mengkonsumsi 100 gram kornet, maka 30% dari kebutuhan protein harian Anda sudah terpenuhi. Sisanya bisa Anda dapatkan dari sumber protein lainnya baik hewani atau nabati.

4. Sodium dan Kalium

Sodium dan kalium adalah unsur yang digunakan untuk menggarami dan juga mengawetkan kornet. Pada 100 gram kornet ini ada sekitar 1134 mg sodium (garam) dan 145 mg kalium.

5. Unsur Mikro Lainnya

Ternyata masih ada beberapa mikronutrisi lain yang terkandung dalam kornet. Misalnya saja fosfor, kalsium, dan zat besi. Satu kaleng kornet bisa mengandung zat besi sekitar 4 mg, fosfor 170 mg, dan kalsium 10 mg.

Selain sumber mineral alami, kornet juga mengandung vitamin. Ada 1 jenis vitamin yaitu B1. Setiap

100 gram kornet setidaknya mengandung 0,01 mg vitamin B1. Vitamin ini baik untuk membantu

metabolisme dan kesehatan tubuh Anda.

 

Manfaat Kornet untuk Kesehatan

Meskipun merupakan produk olahan pangan, tapi kandungan nutrisi pada kornet sangat bermanfaat. Kornet daging sapi sangat baik untuk bayi dan juga ibu hamil. Bahkan kornet juga jadi makanan bagi lansia.

  1. Kornet bagus untuk mencukupi kebutuhan protein hewani bagi balita yang belum tumbuh gigi. Daging sapi terasa cukup alot untuk dicerna oleh balita sehingga kornet bisa jadi alternatif untuk makanan balita tersebut.
  2. Kornet bisa membantu ibu hamil terhindar dari preeklamsia.
  3. Kandungan zat besi, vitamin, dan protein baik untuk perkembangan janin.
  4. Membantu menyeimbangkan hormon reproduksi.
  5. Mengurangi resiko osteoporosis karena kaya kalsium.
  6. Menghindarkan lansia dari radang sendi (osteoarthritis).
  7. Menyehatkan dan membantu pertumbuhan pada masa anak-anak sampai remaja.
  8. Membantu kesehatan gigi dan gusi karena kandungan fosfornya.

Agar manfaat yang Anda dapatkan maksimal, pastikan membeli dari pabrik kornet berkualitas Kornet Cip. Kemudian masak kornet sesuai instruksi yang ada. Masak terlalu lama bisa membuat kandungan vitamin dalam kornet rusak. Padukan juga kornet dengan sayuran agar lebih menyehatkan. Anda bisa mendapatkan produk – produk dari Kornet Cip di toko – toko Offline di sekitar rumah Anda, ataupun bisa secara online melalui Official Store yang ada pada TokopediaBukalapakShopeeBlibli, Lazada dan Jd.id.